JURNAL GALUNG TROPIKA
Vol 4, No 2 (2015)

PENGGUNAAN MIKROORGANISME LOKAL (MOL) SEBAGAI KOMPONEN PROBIOTIK UNTUK MEMPERCEPAT PERTUMBUHAN IKAN SIDAT (ANGUILLA MARMORATA)


Nawawi, Nawawi, Sriwahidah, Sriwahidah



Article Info

Publish Date
26 May 2015

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh mikroorganisme lokal (mol) sebagai komponen probiotik terhadap pertumbuhan ikan sidat (Anguilla marmorata) pada stadium elver. Hasil yang didapatkan diharapkan dapat menjadi bahan informasi tentang pemanfaatan mikroorganisme lokal yang diperoleh dari limbah buah-buahan  dalam pakan untuk ikan sidat.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan percobaan pola Acak Lengkap. Perlakuan pada penelitian ini adalah penambahan larutan MOL ke dalam pakan ikan sidat pada taraf 2 ml/100 gram pakan (A), taraf 4 ml/100 gram pakan (B) dan taraf 6 ml/100 gram pakan (C) dan masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Ikan Sidat  yang digunakan mempunyai berat rata-rata 46, 22 gram , dipelihara dalam waring  60 x 80 x 80 cm3sebanyak 9 buah dengan kepadatan 25 ekor/wadah dengan sistim air mengalir. Pemberian pakan dilakukan 2 kali setiap hari (pukul 08:00, dan 17:30 WITA).Penelitian berlangsung selama 6 minggu dan setiap minggu, ikan ditimbang untuk menyesuaikan jumlah pakan yang diberikan. Parameter yang diamati berupa pertambahan berat ikan sidat uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian mikroorganisme lokal (MOL) ke dalam pakan ikan sidat uji ternyata memberikan respon terhadap pertambahan berat ikan sidat uji.  Pemberian mikroorganisme lokal pada taraf 6 ml/100 gram pakan memiliki pertambahan berat tertinggi yaitu sebesar 166,74 gram, disusul perlakuan B (147,46 gram) dan terendah pada perlakuan A (119,23 gram ).


Copyrights © 2015







Original Source : http://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jgt/article/view/101
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jgt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Galung Tropika dengan nomor p-ISSN 2302-4178 (cetak) dan e-ISSN 2407-6279 (online) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan hasil penelitian di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Biologi Tanaman. Serta menyajikan informasi hasil penelitian dan artikel ilmiah untuk pembangunan pertanian ...