JURNAL GALUNG TROPIKA
Vol 4, No 3 (2015)

SIMULASI MODEL AQUACROP UNTUK ANALISIS PENGELOLAAN AIR TANAMAN PADI LADANG


Hadija, Hadija ( Jurusan Agroteknologi, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian YAPIM Maros ) , Mariam, Mariam ( Jurusan Agribisnis Politeknik Negeri Pangkep )



Article Info

Publish Date
21 Dec 2015

Abstract

Kekurangan pangan menjadi hal yang sangat sering dipertimbangkan saat ini. Faktor yang tak bisa dihindari dari kekurangan pangan saat ini adalah fluktuasi perubahan  iklim dan cuaca. Kekurangan  pangan  tersebut dapat dipenuhi dengan penyediaan produksi padi pada lahan kering melalui tanaman padi ladang. Tujuan penelitian untuk (1) mengadaptasi dan menguji kemampuan model; (2) menentukan interaksi faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pengelolaan lingkungan produksi; (3) memperoleh informasi ataupun prediksi pengelolaan lingkungan produksi. Penelitian dilaksanakan di Teaching Farm Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan, pada Februari sampai Juni 2013, menggunakan metode pengumpulan data melalui (1) Pengamatan langsung dilapangan (Field research), (2) Pengujian Contoh Tanah Di Laboratorium (3) Studi pustaka (library research), dan  metode analisis datanya menggunakan dua software yaitu software ETo Calculator (V.3.2) dan Software Aquacrop (V.04) Metode analisis  menggunakan dua program yaitu ETo Calculator Versi 3.2 dan program aquacrop versi 4.0 tahun 2012. Hasil penelitian menujukan dari hasil simulasi kebutuhan air tanaman padi ladang, total air tesedia terendah pada tahun 2005 yaitu 2,71 mm.hari-1 sedangkan tertinggi pada tahun 2008 yaitu 289,2 mm/hari. Secara ideal simulasi yang dilakukan dapat dilihat pada tahun 2007-2011 dimana produksi meningkat dari 1,93 ton/ha menjadi 2,61 ton.ha-1. Berdasarkan validasi yang dilakukan model terhadap hasil produksi menggunakan data BPS Sulsel, model mampu dijalankan dengan baik dengan ketepatan prediksi mencapai 87,0 %. Output dari program akan sangat membantu para pengguna di bidang pertanian.


Copyrights © 2015







Original Source : http://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jgt/article/view/113
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jgt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Galung Tropika dengan nomor p-ISSN 2302-4178 (cetak) dan e-ISSN 2407-6279 (online) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan hasil penelitian di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Biologi Tanaman. Serta menyajikan informasi hasil penelitian dan artikel ilmiah untuk pembangunan pertanian ...