JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study
Vol 1, No 2 (2015): JURNAL SIMBOLIKA OKTOBER

Iklan di Televisi dan Keputusan Membeli Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara


Zulsufiyani, Rosida ( Universitas Sumatera Utara ) , Jafar, Rusni ( Universitas Sumatera Utara )



Article Info

Publish Date
16 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini melihat hubungan anatara iklan produk Maybeline di televisi dan keputusan membeli mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Sumatera Utara (USU). Dalam penelitian ini, keputusan membeli dijelaskan dengan teori AIDDA, yaitu attention (perhatian), interest (minat), desire (keinginan), decision (keputusan) dan action (tindakan). Sampel dalam penelitian ini didapatkan dengan teknik total sampling, yaitu 79 reseponden yang merupakan mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi USU stambuk 2011. Data diperoleh dari kuisioner berisi pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data dianalisis dengan tabel tunggal, analisis tabel silang dan uji hipotesis Spearman. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara iklan produk Maybeline di televisi dengan keputusan membeli mahasiswa. Hasil uji hipotesis Spearman (r=0,815) menunjukkan terdapatnya hubungan yang kuat dan tinggi antara kedua variabel. 


Copyrights © 2016







Original Source : http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/206
Google Scholar : Check in googleschoolar