JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study
Vol 1, No 1 (2015): JURNAL SIMBOLIKA APRIL

Pemaknaan Penggunaan Jilbab Syar’i diKalangan Mahasiswa Psikologi (Studi pada Forum Mahasiswa Islam Psikologi ( FORMASI ) Ar-Ruuh Universitas Medan Area)


Utari, Nazla Putri ( Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Medan Area ) , Siregar, Nina Siti Salmaniah ( Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Medan Area )



Article Info

Publish Date
28 Aug 2015

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna penggunaan hijab syar’i pada mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area, khususnya pada organisasi Forum Mahasiswa Islam (Formasi) Psikologi Ar-Ruuh, untuk mengetahun konsep diri yang terbentuk pada mahasiswa yang memakai hijab syar’i dan pendapat orang lain tentang mahasiswa yang menggunakan hijab syar’i. Penelitian ini adalah penelitan kualitatif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi lapangan, telaah pustaka, wawancara dengan responden dan informan dengan menggunakan analisa semiotik. Hasil riset menunjukkan bahwa pengguna hijab syar’i menganggap bahwa hijab sebagai pelindung dari tatapan laki-laki yang bukan muhrim. Secara tidak langsung, mengajarkan kepada perempuan muslim lainnya kebaikan dan kegunaan dari menggunakan hijab. Selanjutnya, konsep diri dari penggunan hijab syar’i terbentuk dengan belajar dari lingkungan. Pelajaran dan pengalaman yang didapat membuat konsep diri yang lebih baik.


Copyrights © 2015







Original Source : http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/51
Google Scholar : Check in googleschoolar