PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL INTEGRASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN PETA KONSEP


Fatkhurrohman, Mukhammad Aji



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran IPA dengan menggunakan model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep dibandingkan dengan model kooperatif STAD. Hasil menunjukan bahwa model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif STAD dilihat dari perolehan rata-rata nilai kognitif, persentase sikap dan aktivitas serta peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil temuan, disimpulkan bahwa model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif STAD. 


Copyrights © 2016






Download : Full PDF (389.995 KB)
Original Source : http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/PSEJ/article/view/490
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Education

Description

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII ...