PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016

PENGGUNAAN DISCREPANT EVENTS DENGAN PENDEKATAN POE TERHADAP HASIL BELAJAR KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA


Hayati, Muriani Nur



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) pengaruh pembelajaran discrepant events dengan pendekatan POE terhadap hasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa; (2)berapa besar pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pola pre test post test group design. Metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk menilai prestasi belajar afektif dan psikomotorik dan tes untuk menilai prestasi belajar kognitif pada 92 siswa di SMA N 2 Semarang. Penggunaan discrepant events dengan pendekatan POE ternyata mempengaruhi hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA N Semarang. Data diuji dengan uji t dan N-gain. Hasil analisis uji t menunjukkan perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan, diperoleh hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Angka korelasi pada kelas eksperimen 0,5237 yang menunjukkan nilai sedang, dan nilai koefesien determinasi sebesar 27,42 %. Hal ini menunjukkan sebesar 27,42% peningkatan hasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa dipengaruhi hanya oleh metode tersebut. 


Copyrights © 2016






Download : Full PDF (357.563 KB)
Original Source : http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/PSEJ/article/view/486
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Education

Description

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII ...