PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017

Pengembangan Media Komik Misugi Anaya Pembelajaran IPA Kelas III Materi Sumber Energi dan Kegunaannya


Wakhyudin, Husni, Permatasari, Raden Roro Novita



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan media yang layak digunakan dalam pembelajaran tentang sumber energi dan kegunaannya pada kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang semester II. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan wawancara yang sebelumnya dilakukan uji validasi terhadap seluruh instrumen. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Prosedur pengembangan media komik menggunakan model ADDIE yang dikelompokkan dalam lima tahap, yakni analisis, rancangan, pengembangan, implemetsi dan evaluasi. Pengembangan Media komik secara kuantitatif dan kualitatif layak diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penilaian oleh validator didapatkan penilaian oleh pakar media 1 diperoleh persentase 88%, hasil penelitian oleh pakar media 2 diperoleh persentase sebesar 83%, dari hasil penilaian ahli materia 1 diperoleh hasil 88%, bahan expert assessment 2 diperoleh 80%. Sementara itu, penilaian yang diberikan oleh siswa diperoleh 90,71% dan praktisi guru memperoleh persentase 87,15%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik “Misugi Anaya” mampu meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah siswa dalam belajar, dan mempermudah siswa mengingat materi pembelajaran.Kata Kunci: Pengembangan, Komik, Misugi Anaya


Copyrights © 2017






Download : Full PDF (553.495 KB)
Original Source : http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/PSEJ/article/view/743
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Education

Description

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII ...