Vol 1, No 1 (2011): Edisi Khusus Simposium Nasional Otonomi Daerah 2011

Urgensi Public Service Motivation Dalam Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Prima


Syamsir, Syamsir ( Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang Jl. Prof. Hamka, Air Tawar Padang E-mail: syamsirsaili@yahoo.com ) , Embi, Muhamad Ali ( Fakulti Kerajaan, Undang-undang, dan Pengajian Antarabangsa, Universiti Utara Malaysia Kampus UUM, Sintok, Kedah-Darul Aman E-mail: ali@uum.edu.my )



Article Info

Publish Date
22 Jan 2013

Abstract

Pada hakikatnya PNS adalah orang-orang pilihan dan pengemban tugas dan tanggungjawab untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada semua warga negara. Namun dalam kenyataannya banyak indikasi bahwa sebahagian besar PNS tidak mampu memberikan pelayanan yang prima tersebut kepada warga negara secara optimal. Diasumsikan bahwa hal ini antara lain erat kaitannya dengan motivasi yang rendah/buruk untuk memberikan pelayanan publik pada saat mereka direkrut dan diseleksi menjadi PNS bahkan setelah menjadi PNS. Makalah ini mencoba untuk mendiskusikan persoalan ini berdasarkan perspektif teori Public Service Motivation dalam konteks PNS di Indonesia dan memberikan alternatif untuk mengatasi masalah “penyakit” PNS tersebut di atas dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang prima di kalangan PNS pada masa yang akan datang. Uraian dalam makalah ini dibuat berdasarkan studi literature dan analisis berbagai hasil kajian para peneliti pada berbagai instansi pemerintah di Barat. Public Service Motivation (PSM) sering didefinisikan sebagai kecenderungan seorang individu dalam merespons motiv yang biasanya terdapat dan menjadi ciri khas lembaga dan organisasi publik. Teori PSM bisa memainkan peranan penting, secara teori dan praktis, dalam manajemen pelayanan publik. Teori ini mengesankan bahwa pekerjaan publik seharusnya dipandang sebagai pemenuhan panggilan jiwa dan tidak hanya sekedar melakukan pekerjaan semata-mata. Kata Kunci: Pegawai Negeri Sipil, Motivasi Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Prima


Copyrights © 2013






Download : Full PDF (123.909 KB)
Original Source :
Google Scholar : Check in googleschoolar