Edu-Physics
Vol 1 (2010)

Life Skill Dalam Implementasi Otonomi Daerah di Bidang Pendidikan


alfian, alfian ( IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi )



Article Info

Publish Date
13 Apr 2016

Abstract

Peningkatan muttu merupakan salah satu prioritas pembangunan di bidang pendidikan. Berbagai inovasi dan program pendidikan juga telah dilaksanakan. Namun demikian berbagai indicator menunjukkan bahwa mutu pendidikan masih belum meningkat secara signifikan. Untuk itu sangat diperlukannya pola pendidikan yang dengan sengaja dirancang untuk membekali peserta didik dengan kecakapan hidup, yang secara integrative memaduan kecakapan generic dan spesifik guna memecahkan dan mengatasi problema kehidupan. Secara umum pendidikan kecakapan hidup bertujuan memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi perannya dimasa dating. Dengan diberlakukannya Otonomi Daerah, maka daerah memiliki wewenang untuk mengurus rumah tangganya sendiri. Seiring dengan ini, maka dalam bidang pendidikan pun mengalami perubahan. Pendidikan pun memiliki otonomi tersendiri. Sekolah diberi wewenang pula untuk mengatur rumah tangganya sendiri secara lebih luas. Hal ini diharapkan, agar sekolah dapat berkembang lebih baik, dan menghasilkan output yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat. Keyword: Kecakapan hidup (life skill), pendidikan, otonomi daerah


Copyrights © 2016







Original Source : http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/eduphysics/article/view/774
Google Scholar : Check in googleschoolar