Telematika
Vol 5, No 2: Agustus (2012)

MANAJEMEN INSIDEN DALAM PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus UPT Laboratorium STMIK AMIKOM YOGYAKARTA)


Susanto, Tri ( STMIK AMIKOM Purwokerto )



Article Info

Publish Date
01 Aug 2012

Abstract

Membangun kontrol internal yang kuat dalam Teknologi Informasi (TI) dapat membantu organisasi untuk meningkatkan pemahaman tentang TI di kalangan eksekutif, membuat keputusan bisnis yang lebih baik dalam kualitas yang lebih tinggi dan informasi lebih tepat waktu, menyelaraskan berbagai inisiatif proyek dengan kebutuhan bisnis, mencegah hilangnya sumber daya dan kemungkinan pelanggaran sistem. Pengukuran layanan IT dengan menggunakan maturity level pada insiden, dengan menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitaif (kusioner). Dilakukan sebagai langkah untuk melihat tingkatan kematangan dari divisi Technical support. Dengan diketahuinya tingkatan/level tersebut akan mudah menentukan proses selanjutnya guna meningkatkan layanan TI tersebut. Pengukuran difokuskan pada manajeman insiden pada divisi Technical Support. Pembuatan dokumen tatalaksana dikembangkan sebagaitujuan utama untuk membantu divisi helpdesk dalam melakukanpendokumentasian dan mendukung layanan IT yang terdiri dari 10 aktifitas,yang dibangun untuk menjadi kesimpulan keseluruhan proses program. Matriks dalamdokumen tatalaksanan yang dibuat berisikan masing-masing aktifitas dalam program berikut dengan tujuan, indicator kinerja, formulir dan dokumen yang diperlukan untuk pelaksanaan aktifitas,yang digunakan untuk menilai terhadapsetiap prosedur dalam pelaksanaan manajemen insiden di UPT STMIK AMIKOM Yogyakarta


Copyrights © 2012







Original Source : http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/227
Google Scholar : Check in googleschoolar