Edu-Physics
Vol 3 (2012)

Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika Melalui Penerapan Metode Bervariasi


Syefrinando, Boby ( Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi )



Article Info

Publish Date
04 May 2014

Abstract

Untuk melihat peningkatan kualitas pembelajaran dapat ditandai dengan semakin meningkatnya hasil belajar yang dicapai siswa dalam proses pembelajaran. Tetapi, kenyataan yang dialami hasil belajar fisika sudah cukup tinggi, namun yang sering menjadi kendala adalah rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran berlangsung diperkirakan siswa yang memperhatikan guru yang menerangkan materi pelajaran dan yang aktif mengikuti proses pembelajaran sekitar 25%, kegiatan siswa kebanyakan melirik ke kiri kanan, membuat coretan yang tidak perlu, mengobrol dengan teman sebangku, serta menunggu guru mencatatkan kesimpulan materi pelajaran. Jika kondisi seperti di atas dibiarkan, hal ini akan mengakibatkan pelajaran fisika semakin terasa sulit dan bisa menimbulkan “ketakutan” dikalangan siswa, lebih-lebih bagi siswa yang mempunyai potensi akademik menengah ke bawah. Untuk itu, agar pelajaran fisika lebih mudah dan disenangi di sekolah dilakukanlah beberapa metode, yaitu metode bervariasi yang tercakup di dalamnya metode ceramah interaktif, diskusi kelompok dan pemberian tugas. Dengan menggunakan metode bervariasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mata pelajaran fisika, dan meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga suasana kelas saat PBM menjadi lebih hidup.


Copyrights © 2014







Original Source : http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/eduphysics/article/view/403
Google Scholar : Check in googleschoolar