Edu-Physics
Vol 3 (2012)

Evaluasi dan Supervisi Klinis


Nasrun, Nasrun ( Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi )



Article Info

Publish Date
04 May 2014

Abstract

Bonafisitas sebuah lembaga pendidikan tentu memiliki kriteria-kriteria serta capaian atau target terukur yang harus dipenuhi oleh lembaga pendidikan yang bersangkutan. Oleh sebab itulah, tidak boleh tidak, seorang kepala sekolah dan para guru memiliki peranan penting dalam mengontrol perkembangan dan kemajuan sekolah. Banyak hal yang dapat dilaksanakan dalam usaha peningkatan mutu sekolah, seperti misalnya merekayasa kurikulum, mendesain instruksional teori-teori, sampai kepada kegiatan evaluasi dan supervisi. Dalam penulisan karya ilmiah ini akan lebih difokuskan pada konteks evaluasi dan supervisi klinis sebagai upaya dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Tulisan ini akan memproduksi satu penawaran konstruki konsep evaluasi dan supervisi klinis yang komprehensif yang diharapkan dapat dijadikan satu acuan dalam melaksanakan kegiatan evaluasi dan supervisi di sekolah-sekolah, yang mana secara spesifik lagi tulisan ini bertujuan untuk menjawab bagaimanakah sebenarnya konsep evaluasi? Kemudian, bagaimanakah konsep evaluasi dalam pendidikan Islam? serta apakah sesungguhnya hakikat supervisi klinis tersebut? Akan tetapi adalah satu kenyatan bahwa proses evaluasi dan supervisi tentu saja tidak terlepas dari loyalitas kinerja seluruh pihak yang bertanggung jawab dalam lingkungan sekolah, yang dalam hal ini adalah para guru dan kepala sekolah.


Copyrights © 2014







Original Source : http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/eduphysics/article/view/402
Google Scholar : Check in googleschoolar