JSME MIPA UNIMA
Vol 1, No 2 (2013): Fisika

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa di SMP N 2 Tondano

Tjan, Nelly (Unknown)
Dungus, Ferdy (Unknown)
Windia, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2013

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika materi Gaya dan Penerapannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis Multimedia dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan rancangan menggunakan Randomized Control GroupsPretest-Postest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII semester genap yang berjumlah 175 siswa dan sampel yang diambil adalah 52 siswa yang dibagi dalam 2 kelas yang masing-masing berjumlah 26 siswa, pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan posttest sebagai hasil penelitian yang diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan treatment model TPS berbasis Multimedia adalah 80,00 sehingga lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan treatment konvensional 59,62 dan perbedaan rata-ratanya adalah thitung = 8.774 > ttabel =1,671. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis multimedia dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : randomized control groups pretest-postest design, model pembelajaran, Think Pair Share (TPS), multimedia, konvensional. AbstractThe purpose of this research is to know about the differences of student learning achievement to subjects physical science Force and the application using cooperative learning with think pair share (TPS) model based Multimedia and conventional learning model. This research represent experiment technique using random pretest posttest control group design. The population was a semester grade VIII students, amounting to 175 students and the sample taken by 26 students, data collection is done by holding the posttest as a result of research than the analyzed processed by using t-test. The result of research showed that the average learning achievement of students group with TPS model based multimedia treatment is 80,00 more high  than  the average learning achievement of students group with conventional treatment  is 59,62 and the average of differences showed tcount = 8.774 > ttable = 1.671. The conclusion of this research there is the differences significant between the learning achievement of students group with Think Pair Share (TPS) model based multimedia treatment to compared with the learning achievement of students group with conventional learning model. Key words : randomized control groups pretest-posttest design, Think Pair Share (TPS) learning model, multimedia, conventional.  

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...