JSME MIPA UNIMA
Vol 1, No 1 (2013): Fisika

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Perangkat Pembelajaran Digital Dipadukan Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Lasut, Recky (Unknown)
Wagania, Hans (Unknown)
Windia, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2013

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada materi momentum dan impuls melalui penggunaan perangkat pembelajaran digital dipadukan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis pendekatan kualitatif. Subyek Penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan lembar observasi dalam bentuk ceklist untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran serta keaktifan siswa didalam kelas. Analisa data pada tahap pelaksanaan siklus akhir menunjukkan bahwa ketuntasan siswa secara klasikal mencapai 89%, keterlaksanaan pembelajaran 100% dan persentase keaktifan siswa 86,8%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran digital dipadukan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada materi momentum dan impuls. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Perangkat Digital, Inkuiri Terbimbing   AbstractThe purpose of this research is improving the effectiveness of learning in momentum and impulse material by using the digital learning devices which combined with guided inquiry learning model. The design of this research is class action research with type of qualitative approach. The research subjects are students of class XI IPA 2 in SMA Negeri 1 Tondano. Data collection techniques using test instruments and observation sheet in the form of checklist to see the implementation of learning and student liveliness in the classroom. From the analysis of the data obtained at the implementation phase of the final cycle, classically student mastery achieved 89% while learning. implementation is 100% and percentage of student liveliness is 86.8%. This suggests that the using of digital learning devices combined with guided inquiry learning model can improve the effectiveness of learning in momentum and impulse material. Keywords: Effectiveness of Learning, Digital Learning, Guided Inkuiry. 

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...