JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Vol 4, No 1 (2019): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH

PERJALANAN KARIR GURU DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DI MTs WAHID HASYIM BATANG

Fadli, Failasuf - (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Guru merupakan salah satu tenaga kependidikan yang mempunyai peran sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan tujuan pendidikan, karena guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang akan menghasilkan tamatan yang diharapkan. Guru merupakan sumber daya manusia yang menjadi perencana, pelaku dan penentu tercapainya tujuan organisasi. Guru merupakan tulang punggung dalam kegiatan pendidikan terutama yang berkaitan dengan kegiatan proses belajar mengajar. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan sebagai objek penelitian yaitu: Bagaimanakah manajemen pengembangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Wahid Hasyim? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi proses pengadaan guru, untuk mengungkap proses penempatan guru, untuk memaparkan proses pembinaan guru, untuk menemukan proses pemberian kompensasi kepada guru, dan Menerangkan proses pemberhentian guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data penelitian primernya adalah kepala madrasah, pengurus yayasan, dan guru sedangkan sumber data sekundernya adalah staf administrasi, dan peserta didik. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yakni; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisis datanya adalah menggunakan analisis induktif. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Manajemen Pengembangan Guru di MTs Wahid Hasyim belum maksimal sehingga masih perlu adanya pembenahan-pembenahan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model ...