JPPP Lemlit
Vol 3, No 2 (2019)

Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku


Hadi Astuti, Noviana, Reffiane, Fine, Baedowi, Sunan



Article Info

Publish Date
25 Apr 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan media pembelajaran sehingga minat belajar dan membaca siswa yang rendah membuat guru kesulitan dalam mengajar, sehingga didapatkan hasil bahwa kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi kurang kondusif.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah media Big Book yang valid digunakan sebagai media pembelajaran tema Kewajiban dan Hakku subtema Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara kelas III SD?” dan  “Bagaimanakah  media Big Book yang praktis digunakan sebagai media pembelajaran tema Kewajiban dan Hakku subtema Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara kelas III SD?”Jenis penilitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SDN Peterongan Kota Semarang pada tiga kelas yaitu kelas IIIA,IIIB, dan IIIC. Hasil uji kevalidan diperoleh berdasarkan penilaian dari ahli media sebesar 91,34% dengan kriteria “sangat baik” dan dari skor rata-rata presentase keidealan ahli materi sebesar 92,80% dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan hasil uji kepraktisan diperoleh berdasarkan penilaian respon guru dan siswa dengan skor rata-rata respon guru sebesar 88,6% dengan kategori “sangat baik” dan skor rata-rata respon siswa sebesar 99,2% dengan kategori “sangat baik”. Kesimpulannya bahwa media Big Book valid dan praktis digunakan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Kesimpualannya, media Big Book  dapat digunakan sebagai penyempurna penelitian dan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar siswa kelas III Sekolah Dasar


Copyrights © 2019







Original Source : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/17386
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...