Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Vol 12 No 01 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab

تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها (البحث النظري في طريقة تعليم القواعد)

??????, ???? (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Abstrak Penelitian tentang metodologi pembelajaran nahwu merupakan terobosan mencari model pembelajaran tata bahasa Arab yang aplikatif dan inovatif dan integratif, karenanya perlu terus dikembangkan sampai tercapai prototipe yang sesuai dengan tuntutan model pembelajaran yang efektif. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan metodologi pembelajaran nahwu selama ini. Secara khusus adalah untuk mengetahui model meode  pembelajaran qawa’id yang terbarukan. Untuk tujuan itu, data dikumpulkan dengan dokumentasi kepustakaan. Data kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran nahwu telah mengalami empat model pembelajaran, yaitu 1) Metode Qiyas, 2) metode Istiqro’, 3) metode Mu’addalah, dan 4) Metode Muqtaroha.. Secara umum, semua metode mempunyai kesamaan pendekatan yaitu pendekatan qawa’id tarjamah yang kemudian disebut dengan metode qawa’id tarjamah.. Kata kunci  : metode, pembelajaran, tata bahasa Arab, Qiyas, Istiqro’, Mu’addalah, dan Muqtaroha

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jba

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences

Description

Almakrifah: Indonesian Journal of Education of Arabic Study Program, culture, language and Arabic linguistic published two times a year since 2003, goes online by OJS UNJ since 2017, is a multilingual (Bahasa, English, and Arabic), peer-reviewed, and specializes in Arabic Education studies. The aim ...