Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
Vol 6, No 1: Februari 2018

Pendekatan Hierarki Abraham Maslow pada prestasi kerja karyawan PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta

Sari, Elisa (Unknown)
Dwiarti, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berdasarkan hierarki kebutuhan Maslow yang meliputi kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri terhadap prestasi kerja karyawan PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan metode wawancara, kuisioner, dokumentasi dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 174 orang yang merupakan karyawan tetap PT.  Madubaru  (PG Madukismo)  Yogyakarta  dengan menggunakan  teknik  proportionate stratified random sampling.  Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), serta uji adjusted R2 dan determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berdasarkan hierarki kebutuhan Maslow yang meliputi kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan tetap. Sedangkan secara parsial hanya kebutuhan fisiologis dan aktualisasi diri yang signifikan, sedangkan kebutuhan rasa aman, sosial, dan penghargaan secara parsial tidak signifikan. Kebutuhan fisiologis merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi prestasi kerja karyawan tetap PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management. ...