Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
Vol 5, No 2: Agustus 2017

Dampak Loyalitas Konsumen Dengan Kualitas Barang Dan Startegi Harga Pada Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Alfa Mart Di Wilayah Surakarta)

HARYANTO, ARIS TRI (Unknown)
DEWI, SEPTIANA NOVITA (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak loyalitas konsumen dengan kualitas barang dan startegi harga pada kepuasan konsumen (Studi pada Konsumen Alfa Mart di Wilayah Surakarta). Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur). Hasil penelitian ini : Kualitas barang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen. Strategi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen. Kualitas barang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Strategi harga berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Hasil uji F dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel kualitas barang, strategi harga dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas Konsumen Alfamart di wilayah Surakarta. Hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa R2 total sebesar 0,918 dapat diartikan loyalitas konsumen Alfamart di wilayah Surakarta dijelaskan oleh variabel kualitas barang, strategi harga dan kepuasan sebesar 91,8% dan sisanya 8,2% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian sebagai contoh : lokasi dan sarana prasarana. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa penggunaan intervening kepuasan untuk variabel kualitas barang dan strategi harga adalah tidak efektif, karena hasil pengaruh langsung lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management. ...