Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
Vol 6, No 1: Februari 2018

Pengaruh tangible dan responsiveness terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor pada layanan SAMSAT keliling Balaraja Kabupaten Tangerang Banten

Ratnah, Ratnah (Unknown)
Muljadi, Muljadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2018

Abstract

Penelitain ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakpuasan yang dirasakan oleh wajib pajak kendaraan bermotor dalam melakukan kewajiban membayar pajak. Sehingga UPT BAPENDA Balaraja kabupaten Tangerang Banten harus mencari cara agar wajib pajak merasa puas dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kepuasan wajib pajak adalah dengan menggunakan pelayanan yang berkualitas, pengalaman yang positif dan berkesan sehingga wajib pajak merasa senang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tangible dan responsiveness terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Balaraja dengan berjumlah 700 unit. Dari jumlah tersebut ditentukan sampel dengan menggunakan tehnik Simple Random Sampling maka diperoleh jumlah sample sebanyak 88 responden. Hasil dari penelitian ini adalah Tangible dan Responsiveness secara simultan berpengaruh  signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja. Tangible berpengaruh  signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja. Responsiveness  berpengaruh  signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management. ...