Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2016)

PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Safitri, Prahesti Tirta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Kemampuan penalaran matematis dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran quick on the draw. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran quick on the draw dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen sehingga diperoleh sampel siswa kelas VII di salah satu SMPN di Kota Tangerang sebanyak dua kelas yang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil analisis didapat informasi bahwa (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran quick on the draw lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Pembelajaran Quick on the Draw

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

prima

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The focus of Prima: Jurnal Pendidikan Matematika is to publish original research (qualitative research, classroom action research, development/design research are top priorities) and/or library analysis on how students learn mathematics and how mathematics is taught in primary, secondary or ...