JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Vol 3, No 2 (2015): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

PERAN SELF –DIRECTED ORIENTED ASSESSMENT SLOA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rikayanti, Rikayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2015

Abstract

Artikel ini merupakan hasil kajian teori tentang pengukuran. Berbicara mengenai pembelajaran, maka tidak akan terlepas dari tiga istilah yaitu pengukuran, evaluasi, dan asesmen. Ketiga istilah ini mengindikasikan pada hasil belajar tetapi ketiganya memiliki makna yang berbeda. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang berimplikasi terhadap kurikulum, maka Prof. Magdalena Mo Ching Mok dari Hongkong Institute of Education menerapkan Self-directed Oriented Assessment SLOA. Berdasarkan kajian pada salah satu bukunya, SLOA ini dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di Indonesia dengan mengadaptasi model SLOA, Vertical Scale, RASCH Model, metakognisi dan konten lainnya. Pada prinsipnya suatu asesmen merupakan proses yang berlangsung selama kegiatan pembelajaran sehingga dapat merekam dan menjadi media untuk mengamati perkembangan peserta didik. Khususnya SLOA yang dikenal memiliki tiga sisi yaitu assessment for learning, of learning, dan as learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui umpan balik yang dapat digunakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajarn terutama dari sisi pedagogi.Kata kunci: Asesmen, Self-directed, SLOA

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

judika

Publisher

Subject

Education

Description

JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Singaperbangsa Karawang. Konten jurnal meliputi tulisan hasil penelitian atau kajian teoretis pada bidang pendidikan secara umum. Jurnal ini terbit dua kali setahun. ...