ISLAM TRANSFORMATIF : Journal of Islamic Studies
Vol 1, No 1 (2017): Januari-Juni 2017

PENDIDIKAN ORANG DEWASA YANG DIKEMBANGKAN RASULLULLAH

Alfurqan, Alfurqan ( Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang )
Rahman, Rini ( Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang )
Rezi, Muhamad ( Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi )



Article Info

Publish Date
07 Aug 2017

Abstract

Rasulullah, Muhammad SAW, succeeded in changing the uncivilized society into the civilized one as well as the Jahiliyah society into the educated one. The key to the success was his appropriate teaching concept and his sincerity. There were some representative and dominant educational approaches and methods that were developed by Rasulullah, Muhammad SAW, in teaching his Shahabah as adults. One approach that he used was the philosophycal approach. Meanwhile, the methods that he used were the exemplary and affectionate methods. Rasulullah, Muhammad SAW telah berhasil membina masyarakat dari masyarakat yang paling biadab menjadi masyarakat yang paling beradab, dari masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat yang terdidik. Kunci keberhasilan pendidikan yang beliau lakukan adalah: konsep ajaran yang beliau sampaikan adalah ajaran yang benar dan tepat, kesungguhan dan keikhlasan beliau dalam melaksanakan tugas. Ada beberapa pendekatan dan metode pendidikan yang dipandang representatif dan dominan yang dikembangkan oleh Rasulullah SAW dalam mendidik para sahabat sebagai orang dewasa. Pendekatan yang digunakan salah satunya adalah pendekatan filosofis, sedang metode yang digunakan beliau diantaranya metode keteladanan, metode lemah lembut dan kasih sayang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

islamt

Publisher

Subject

Religion

Description

Islam Transformatif merupakan pencarian dialogis, bagaimana agama harus membaca dan memberikan jawaban terhadap ketimpangan sosial. Adapun konsep teologis kritis disodorkan sebagai pendekatan memahami hubungan agama dengan kekuasaan, modernisasi dan keadilan ...