Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 5, No 1 (2019)

Tes Diagnostik Four Tier untuk identifikasi pemahaman dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan


Annisa, Rizki, Astuti, Budi, Mindyarto, Budi Naini



Article Info

Publish Date
22 Apr 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pemahaman konsep siswa dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan.  Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif  kuantitatif. Penelitian dilaksanakan  di  SMA  negeri  8  semarang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes diagnostik pilihan ganda four-tier. Hasil analisis uji validasi secara keseluruhan aspek persentasenya adalah 80.2% dengan kategori layak digunakan sebagai tes diagnostik pada materi gerak melingkar beraturan.  Tes diagnostik four tier dapat digunakan untuk mendeteksi pemahaman konsep siswa dan miskonsepsi siswa. Siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Semarang teridentifikasi mengalami miskonsepsi pada materi gerak melingkar beraturan dan perlu ditingkatkan pemahamannya.  


Copyrights © 2019







Original Source : http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/3546
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...