Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol 3 No 2 (2018): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 1 CIKULUR

Nugraha, Tonnie Hari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika, baik mengenai bahan ajar, pelaksanaan pembelajaran maupun penilaian di SMPN 1 Cikulur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang guru mata pelajaran matematika yang mengajar di kelas 7, 8 dan 9 SMPN 1 Cikulur. Instrumen utama pada studi ini adalah peneliti sendiri. Selain itu, ditunjang dengan instrumen pendukung berupa observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Bahan ajar yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah buku guru (BG) dan buku siswa (BS) dengan perbandingan banyaknya siswa dengan buku siswa di SMPN 1 Cikulur adalah 1:1. Secara isi dan materi pada BG dan BS sudah sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh kurikulum 2013 revisi 2017, 2) Pendekatan saintifik  sudah mulai terbiasa dilakukan dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Cikulur. Agar model-model pembelajaran yang lain biasa diterapkan di SMPN 1 Cikulur dilakukan dengan kegiatan MGMP Matematika, 3) Pengolahan nilai dan pengisian laporan hasil belajar siswa lebih rumit dibanding dengan kurikulum sebelumnya. Untuk mempermudah dan penyeragamanan dalam pengisian laporan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi e-raport. Guru SMPN 1 Cikulur belum semuanya menguasai  ICT. Untuk mengatasi hal tersebut pihak sekolah mengadakan  sosialisasi dan kegiatan IHT tentang pengisian e-rapot dan memfasilitasi semua sarana dan prasarana yang berhubungan dengan e-raport.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education is a journal published by the mathematics education program Unpas FKIP. The contents of this journal is a publication of the results of the practitioner's thoughts and expert learning and mathematics education both ...