JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia
Vol 3 No 1 (2013): JRPK - Jurnal Riset Pendidikan Kimia, Volume 3 Nomor 1 (2013)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN Discovery-Problem Base Learning


Cahyana, Ucu



Article Info

Publish Date
27 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berdasarkan model pembelajaran Discovery-Problem Base Learning  pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap perencanaan dan  pengembangan model, serta tahap uji coba modul pembelajaran yang dihasilkan. Modul pembelajaran kimia pada materi laju reaksi diujikan kepada ahli materi dan ahli proses belajar mengajar, persentase hasil uji coba tersebut berturut-turut 80,3% dan 88,67%. Pada hasil uji coba siswa kelompok besar diperoleh presentase dari keempat kegiatan masing-masing 78,8%, 80,9%, 80,2%, dan 79,4%. Indikator keberhasilan pada penelitian pengembangan modul pembelajaran ini adalah indikator kesesuaian materi dengan kurikulum, penulisan bahasa, isi, dan keseluruhan. Presentase tiap indikator yang lebih dari 60% menandakan bahwa indikator tersebut tercapai dengan baik.  Kata kunci: modul pembelajaran, discovery-problem base learning


Copyrights © 2013






Download : Full PDF (113.437 KB)
Original Source : http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3049
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK) is the journal for teachers, researchers and other practitioners at all levels of chemistry education. It is published electronically two times a ...