Jurnal Ilmiah Inovasi
Vol 15, No 1 (2015)

ISOLASI, PEMURNIAN DAN STERILISASI Oosista Eimeria tenella DENGAN Sodium hypochlorite 13% ( ISOLATION, PURIFICATION AND STERILIZATION OF Eimeria tenella USING Sodium hypochlorite 13% )

Awaludin, Aan (Unknown)
Nurkholis, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2016

Abstract

Telah dilakukan penelitian isolasi, pemurnian dan sterilisasi oosista Eimeria tenella dengan menggunakan Sodium hypochlorite 13%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosentase dan sensitivitas dari Sodium hypochlorite 13% yang digunakan untuk proses isolasi, pemurnian dan sterilisasi oosista Eimeria tenella.Sebanyak 48 ekor ayam broiler, jenis kelamin tidak diperhatikan dipelihara sejak DOC digunakan dalam penelitian ini. Ayam-ayam tersebut diinfeksi dengan oosista Eimeria tenella yang sudah bersporulasi pada umur 27 hari. Infeksi dilakukan secara oral dengan dosis 50.000 oosista Eimeria tenella untuk satu ekor ayam. Isolasi oosista dari sekum ayam dilakukan pada hari ke-9 setelah infeksi, isolasi oosista diperolah dari pengerokan dinding lumen sekum dan isi sekum yang kemudian disporulasikan. Oosista Eimeria tenella  yang sudah bersporulasi hasil isolasi dimurnikan dan disterilisasi dengan menggunakan Sodium hypochlorite 13% yang ditujukan untuk mendapatkan oosista murni yang telah bebas dari debris.Prosentase keberhasilan oosista Eimeria tenella yang dapat diisolasi kembali setelah pemurnian dan sterilisasi dengan menggunakan Sodium hypochlorite 13% mencapai sensitivitas 78,33%. Disamping itu waktu yang digunakan untuk pemurnian dan sterilisasi oosista Eimeria tenella dengan Sodium hypochlorite 13% lebih cepat dan peralatan yang diperlukan tidak terlalu banyak.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

The Journal contains the original article of the research related to the problem areas of Agricultural Production, Animal Production, Agribusiness Management, and Agricultural Technology. ...