Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Distribusi Jumlah Penduduk Kota Palopo (Suatu Analisis Tentang Pengaruh Distribusi Jumlah Sekolah Dan Jarak Tempuh Ibukota Kecamatan Dari Ibukota Palopo)

Aswad A, Muhammad Hajarul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2018

Abstract

Palopo adalah salah satu daerah yang sedang berkembang. Sejak tahun 2006, wilayah administratif Kota Palopo terbagi menjadi 9 kecamatan dengan ibukota Palopo adalah Palopo yang terletak di kecamatan Wara. Distribusi jumlah penduduk di wilayah administratif Kota Palopo merupakan hal yang menarik untuk diamati. Terlebih jika dikaitkan dengan distribusi jumlah sekolah di masing-masing kecamatan dan jarak ibukota kecamatan terhadap ibukota Palopo. Data yang digunakan dalam artikel ini adalah data sekunder tahun 2012. Dari analisis data terlihat bahwa (1). Distibusi jumlah sekolah dan jarak ibukota kecamatan dari ibukota Palopo secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap distribusi jumlah penduduk Kota Palopo, dengan koefisien determinasi sebesar 77,3%, sementara sisanya 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain; (2). Distribusi jumlah sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap distribusi jumlah penduduk di wilayah administratif Kota Palopo. Semakin banyak jumlah sekolah di suatu wilayah kecamatan di Kota Palopo mengindikasikan semakin besar pula jumlah penduduk yang mendiami wilayah tersebut. Sementara jarak tempuh ibukota kecamatan dari ibukota Palopo tidak cukup berpengaruh terhadap distribusi jumlah penduduk di wilayah administratif Kota Palopo. Kecamatan yang jaraknya cukup jauh dari Ibukota Palopo tidak sepenuhnya memiliki jumlah penduduk yang kecil dibandingkan dengan kecamatan yang berada di sekitar ibukota Palopo.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

alkhawarizmi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics ...