Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 1, No 1 (2013): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Menggunakan Periodic Table Explorer (PT-E) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 SMA Negeri 4 Palopo

Patra, Andi Irawati Indal (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2018

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tife NHT dengan menggunakan Periodic Table Explorer (PT-e) untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 palopo. Penelitian ini bersifat kaji tindak atau rancangan penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) yang lakukan secara berdaur (siklus). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 4 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya, alokasi waktu 2 x 45 menit tiap pertemuan. Tahapan pelaksanaan penelitian setiap siklus terdiri atas empat tahapan utama yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Data hasil pengamatan mengenai aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada siklus dua sudah sangat baik dibandingkan siklus pertama. Penelitian tentang hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh siswa yang mendapat nilai ? 66 adalah 19 orang atau 63% dan masuk dalam kategori tuntas. Siswa yang mendapat nilai ? 65 adalah 11 orang = 37% masuk dalam kategori belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 72,1. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh siswa yang mendapat nilai ? 66 adalah 26 orang (tuntas) sedangkan siswa yang mendapat nilai ? 65 adalah 4 siswa (belum tuntas) dengan nilai rata-rata siswa 79,4. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tife NHT dengan menggunakan periodic table explorer (PT-e) pada materi struktur atom dan sistem periodik, hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 tahun 2012 / 2013 SMA Negeri 4 Palopo dapat ditingkatkan

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

alkhawarizmi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics ...