Jurnal Teknologi Pertanian Andalas
Vol 21, No 2 (2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN PETANI KARET (Studi Kasus di Nagari Limo Koto Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung)

Weriantoni, Weriantoni (Unknown)
Srivani, Musbatik (Unknown)
Lukman, Lukman (Unknown)
Fibriani, Fini (Unknown)
Silvia, Silvia (Unknown)
Maivira, Enjelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Sektor pertanian merupakan sektor yang penting dalam membentuk Produk Domestik Bruto (PDB) dan telah memberikan kontribusi yang besar dalam perkembangan perekonomian Indonesia, sehingga perlu perhatian yang lebih terhadap perkembangan sektor pertanian dan kesejahteraan kehidupan petani tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh luas lahan, jumlah produksi, tingkat pendidikan dan kebijakan pemerintah terhadap kesejahteraan petani karet yang digambarkan oleh jumlah pendapatan petani. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa luas lahan dan jumlah produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan petani karet sedangkan tingkat pendidikan dan kebijakan pemerintah berpengaruh negatif dan tidakĀ  signifikan terhadap kesejahteraan petani karet.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JTPA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Pertanian Andalas (JTPA) adalah publikasi ilmiah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian terkait ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian yang belum pernah dipublikasikan di media lain (kecuali dalam bentuk abstrak atau karya ...