CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal)
Vol 8, No 1 (2016): CSRID Februari 2016

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Mobile (Design Application Early Childhood Education Based Mobile)


Annah, Annah ( STMIK Dipanegara Makassar ) , Husain, Husain ( STMIK Dipanegara Makassar )



Article Info

Publish Date
02 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini dalam bentuk aplikasi mobile terkhusus untuk smartphone berbasis Android. Dalam proses belajar mengajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini masih sering ditemukan kendala yang dialami tenaga pengajar yaitu keterbatasan alat peraga sehingga peserta didik kurang berminat untuk belajar. Selain itu orang tua juga mengalami kesulitan untuk membimbing atau mengajarkan kembali materi pembelajaran di rumah karena tidak memiliki media pembelajaran alternatif. Dalam menyusun laporan penelitian ini penulis menggunakan Aplikasi Perangkat Bergerak berbasis Android yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java melalui editor Eclipse. Berdasarkan hasil penelitian maka didapat kesimpulan bahwa aplikasi ini mampu diaplikasikan di platform Android hingga versi terakhir saat ini yaitu platform versi JellyBean. Aplikasi Pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif cara belajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini sehingga dapat mengatasi kekurangan alat peraga di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, dapat digunakan untuk diajarkan dirumah, dan memberikan metode pembelajaran yang baru kepada anak usia dini sehingga bentuk pembelajaran yang didapatkan tidak monoton terhadap satu bentuk cara pembelajaran.


Copyrights © 2016






Download : Full PDF (546.484 KB)
Original Source : http://csrid.potensi-utama.ac.id/index.php/CSRID/article/view/52
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

CSRID

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (IndoCEISS) dan CORIS (Cooperation ...