Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Vol 8 No 2 (2015): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual

Film Pendek Dalam Budaya Populer: Studi Kasus Atas Film Pendek Iklan Di Indonesia 2012 - 2015

Lupitawina, Skolastika (Unknown)
Mediarta, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan film pendek dalam lansekap budaya populer Indonesia. Penelitian dipersempit pada studi kasus untuk melihat pengaruh hegemoni dalam film pendek iklan. Subjek penelitian adalah sepuluh film pendek iklan berupa: 1) fiksi naratif (bukan serial) 2) didistribusikan di kanal YouTube resmi merek dagang 3) oleh sutradara film panjang Indonesia bermodal kebudayaan tertentu, tercantum pada kredit film 4) produksi 2012 – 2015. Film pendek iklan diteliti dengan metode kualitatif menggunakan analisis budaya, melalui observasi film dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) film pendek bukanlah bentuk ekspresi steril dari pasar 2) film pendek iklan memiliki konvensi tersendiri dalam bentuk peletakan merek dagang 3) terdapat ekuilibrium kompromi dalam hubungannya dengan target massa karena film pendek iklan menuntut konten lebih umum, sementara keempat sutradara dikenal dengan elemen-elemen dewasa tertentu 4) sutradara dapat mempertahankan gaya visualnya (visual style), tetapi kehilangan arah (internal meaning) dari film-film panjang mereka. Keywords : kepengarangan (auteurship), merk dagang, sutradara film, hegemoni, film pendek

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

FSD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Theories, methods, and implementations of new media technology. Topics include, but not limited to: 1. Digital technology for a creative industry 2. Development of Art and Design in Industry 3. Innovation and Creative Visual Experiment for Art and Design 4. Fine arts and performing ...