Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 7, No 1 (2019): Maret

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA

Taufiq, Ainul Uyuni (Unknown)
Tina, Kartina Tina (Unknown)
Djafar, Hamsiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

AbstrakAdapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar fisika peserta didik dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Awareness Training yaitu sebuah penelitian eksperimen dengan menggunakan tekhnik sampel the matching only post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar fisika dengan penunjukan nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Awareness Training sebesar 103,84. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 2,42 dan ttabel sebesar 2,024. Sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa subjek penelitian merespon positif sehingga dominan subjek memiliki peningkatan motivasi dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 50% pada kategorisasi motivasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...