Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 1 (2014): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Pada MTS. Islamiyah Palangka Raya

Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dan guru, pengelolaan pembelajaran oleh guru dan hasil belajar PKn peserta didik kelas V I IA p a d a M.Ts. Islamiyah Palangka Raya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013 / 2014 dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas VIIA M.Ts. Islamiyah Palangka Raya yang berjumlah 20 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan menggunakan analisis data presentase ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PKn mencapai nilai KKM dimana presentase ketuntasan klasikal 100% dengan rata-rata 89,5; (2) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang sesuai dengan langkah-langkahnya dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar PKn.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...