Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 1 (2014): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Pengaruh Pengajaran Critical Thinking Terhadap Mahasiswa Dalam Argumentative Essay


Khunaifi, A’am Rifaldi



Article Info

Publish Date
06 Mar 2014

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pengajaran berpikir kritis dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam Essay argumentatif . Secara khusus , itu diarahkan untuk menyelidiki apakah mengajar karya pemikiran kritis dan dapat memberikan efek positif terhadap Essay argumentatif Mahasiswa Untuk Semester Keenam Pada STAIN Palangka Raya Tahun Akademik 2013/ 2014. Populasi ini studyis kelas A dan Kelas B Semester Tujuh Pada STAIN Palangka Raya . Desain ini researchused Quasi eksperimental seperti yang dimaksudkan untuk mempelajari tentang kemampuan esai argumentatif mahasiswa . Dalam rangka untuk mengumpulkan data yang diperlukan , peneneliti menggunakan tes sebagai instrumen . Jenis tes dalam penelitian ini adalah Menulis Akademik untuk tes IELTS . Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik SPSS 19.0 dari t -test independen dan berpasangan - sample t -test , dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis data. Dari hasil tes . Perhitungan t -test independent dalam skor posttest pada kedua kelompok menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih tinggi dari tingkat signifikansi ( 0.194> 0.05 ) . Hal inimenunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol . Selain itu, perhitungan t -test berpasangan menunjukkan hasil uji sampel berpasangan ( 0,000<0,05) dimana ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen setelah perawatan .


Copyrights © 2014







Original Source : http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/613
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...