TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education
Vol 5, No 1 (2018): Vol 5, No 1 (2018): May 2018

Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Islam

Marwah, Siti Shafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2019

Abstract

ABSTRACTThis article would to explain about the relevance between Ki Hadjar Dewantara’s education concept and Islamic education. This research was done by using qualitative approach and descriptive analitic method, to get a deeply comprehension about the concept of Ki Hadjar Dewantara’s education and Islamic education, so that the relevance between this both concepts will be seen or not. After examination, the result of this research stated that 5 of the 6 component have been examined from this both concept of education, have a relevant relation. So, through of this result indicated that the decline of children’s moral quality that occured in the world of education today, is not caused by Ki Hadjar Dewantara’s concept that has no religious value in it, but this is due to educators who have not been able to practice the concept of education Ki Hadjar Dewantara well and correctly. Therefore, based on the results of this study, the Indonesian government needs to rearrange the performance of all education implementers in accordance with the thought of Ki Hadjar Dewantara.Keywords:KH Dewantara’s Education, Islamic Education, Indonesia’s Education.ABSTRAKTulisan ini ingin memaparkan tentang ada tidaknya relevansi atas konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan dalam Islam. Penelitian ini  dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif  dengan metode deskriptif –analitis untuk mendapatkan pemahaman secara mendalam mengenai konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dan konsep pendidikan dalam Islam. Dalam hal ini, akan terlihat ada tidaknya hubungan yang relevan atas kedua konsep tersebut. Setelah diteliti, ternyata hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 5 dari 6 komponen yang sudah diteliti dari  konsep pendidikan ini, memiliki hubungan yang relevan. Dengan begitu, melalui hasil penelitian ini menandakan bahwa turunnya kualitas akhlak anak  yang terjadi di dunia pendidikan saat ini, bukan disebabkan oleh konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang tidak memiliki nilai keagamaan di dalamnya, tetapi hal ini disebabkan oleh pelaksana pendidikan yang belum bisa mempraktikkan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara secara baik dan benar. Maka dari itu, berdasarkan hasil penelitian ini, pemerintah Indonesia perlu menata ulang kinerja seluruh pelaksana pendidikan agar sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.Kata Kunci: Pendidikan KH Dewantara, Pendidikan Islam, Pendidikan Indonesia.

Copyrights © 2018