TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education
Vol 5, No 1 (2018): Vol 5, No 1 (2018): May 2018

Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Khairunnisa, Syifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli pada mata pelajaran PAI dalam materi perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah dan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 12 Jakarta setelah menggunakan media pembelajaran permainan monopoli pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah model Borg and Gall. Produk media pembelajaran ini diujicobakan kepada siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 12 Jakarta dan mendapat rata-rata skor pada uji coba siswa secara keseluruhan sebesar 82% yang berarti produk dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan monopoli pada mata pelajaran PAI dalam materi perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah yang dikembangkan di kelas X MIPA 2 SMAN 12 Jakarta adalah layak digunakan. Kata Kunci:  media pembelajaran, monopoli, PAI

Copyrights © 2018