COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1, No 1 (2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN CAHAYA SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER GENAP

Marlina, Reni (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar fisika siswa serta untuk mengetahui kategori prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa kelas VIII semester genap SMP N 4 Samigaluh Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap prestasi belajar fisika siswa. Prestasi belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS termasuk kategori tinggi, sedangkan dengan model pembelajaran konvensional termasuk kategori sedang.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Compton merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran fisika yang berasal dari hasil penelitian ataupun review artikel. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Juni dan Desember oleh Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan ...