Journal of Mechaninal Engineering Education
Vol 5, No 2 (2018): Desember

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DESIGN PROJECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN TECHNOPRENEURSHIP SISWA SMK

Aprilian, Aulia F. (Unknown)
Hamdani, Aam (Unknown)
Darmawan, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan technopreneurship pada siswa kompetensi teknik pemesinan dengan menerapkan model pembelajaran self-design project learning di kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pre-test post-test design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XII TP 3 SMKN 2 Bandung tahun ajaran 2016-2017 sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan nilai penguasaan technopreneurship rata-rata pretest 17,88 dan rata-rata posttest 19,62 dengan rata-rata besar gainĀ  normalisasi sebesar 0.=,23. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan technopreneurship pada posttest lebih besar daripada penguasaan technopreneurship pada pretest. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran self-design project learning dapat meningkatkan penguasaan technopreneurship siswa SMK.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...