JURNAL PRODUKTIVITAS
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Produktivitas 2017

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NASABAH PRODUK TABUNGAN BRITAMA UMUM PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK CABANG PONTIANAK GAJAH MADA

Anita, Anita (Unknown)
Samsuddin, Samsuddin (Unknown)
Supriadi, Fenni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2017

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pontianak Gajah Mada Kepada Nasabah Produk Tabungan Britama Umum. Penelitian ini menggunakan metode survey, yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan BritAma Umum Bank BRI Cabang Gajah Mada Pontianak yaitu 9.074 orang dan dipilih sebanyak 100 orang sebagai sampel. Variabel penelitian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) dan bukti fisik (tangible) yang diukur dengan menggunakan skala likert dan untuk mengetahui hasil dari penelitian peneliti menggunakan uji servqual. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan menjelaskan bahwa tingkat harapan dan persepsi memperlihatkan bahwa responden merasa tidak puas, ketidakpuasan ini terlihat dari nilai rata-rata keseluruhan peringkat harapan () sebesar 4,38 dan peringkat persepsi () rata-rata keseluruhan sebesar 4,24. Artinya harapan lebih tinggi dibandingkan tingkat persepsi, sehingga nasabah tabungan BritAma merasa pelayanan yang diberikan oleh Bank BRI Cabang Gajah Mada Pontianak tidak baik. Untuk tiap dimensi hanya dimensi reliability nasabah yang merasa pelayanannya baik karena nilai gapnya positif yaitu sebesar 0,22, sedangkan lainnya nasabah merasa pelayanannya tidak baik karena nilai gap memiliki nilai negatif yaitu responsiveness sebesar -0,13, assurance sebesar -0,08, empathy sebesar -0,50 dan tangible sebesar -0,28.  Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tabungan BritAma Bank BRI

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Produktivitas ISSN: 2355-1038 (Print) ISSN: 2621-5098 (Online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk mempublikasikan hasil riset/penelitian di bidang ekonomi dan bisnis khususnya ilmu Manajemen. Jurnal Produktivitas Terbit 2 ...