JURNAL PRODUKTIVITAS
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Produktivitas 2017

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI KUSEN JENDELA KAYU PADA MEBEL JAYA KARYA MANDIRI SERASAN DI KECAMATAN SERASAN KABUPATEN NATUNA

Juliana, Juliana (Unknown)
Yasmin, Devi (Unknown)
Maswardi, Neni Triana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli kusen jendela kayu pada Mebel Jaya Karya Mandiri Serasan di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna. Oleh karena itu, metode asosiatif digunakan untuk menganalisis hubungan antara kedua variabel tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Kuesioner yang telah disusun dalam skala Likert kemudian disebarkan kepada 100 responden sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu konsumen yang datang langsung membeli sendiri kusen jendela kayu. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment yang diolah menggunakan Program SPSS 21.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara bauran pemasaran dengan keputusan konsumen dalam membeli kusen jendela kayu pada Mebel Jaya Karya Mandiri Serasan di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,672. Artinya, jika strategi bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan ditingkatkan pelaksanaannya, maka keputusan kosumen dalam membeli kusen jendela kayu juga akan meningkat. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebanyak 45,16% keputusan konsumen dalam membeli kusen jendela kayu pada Mebel Jaya Karya Mandiri Serasan di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna dipengaruhi oleh bauran pemasaran, dan sisanya 54,84% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain di luar penelitian ini. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen membeli kusen jendela kayu pada Jaya Karya Mandiri Serasan Kabupaten Natuna. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian Konsumen, Mebel Jaya Karya Mandiri

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Produktivitas ISSN: 2355-1038 (Print) ISSN: 2621-5098 (Online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk mempublikasikan hasil riset/penelitian di bidang ekonomi dan bisnis khususnya ilmu Manajemen. Jurnal Produktivitas Terbit 2 ...