el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 1, No 1 (2018): el-Ibtidaiy

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VA SDN 001 PULAU DI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Hamidi, H. (Unknown)
Roza, Ellya (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode konvensionalnya seperti ceramah dan mengerjakan soal yang mengakibatkan siswa tidak termotivasi, kurang semangat dan tidak aktif bertanya dalam kelas ketika penyampaian materi pembelajaran dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V A SDN 001 Pulau dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 001 Pulau yang berjumlah 25 orang terdiri dari siswa laki–laki 11 orang dan siswa perempuan 14 orang. Alat ukur yang dipakai adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, serta ketuntasan belajar. Rata–rata aktivitas guru pada siklus pertama adalah 70,92% (baik). Pada siklus kedua adalah 77,92 % (baik). Pada siklus ketiga adalah 79,48 % (baik). Rata–rata hasil belajar pada siklus pertama adalah 56,92 % (cukup). Pada siklus kedua adalah 73,84 % (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V A SDN 001 Pulau. Bagi guru yang selama ini masih menggunakan metode pembelajaran dengan verbal (ceramah), agar dapat mengganti dengan model pembelajaran yang lain yang lebih variatif seperti model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Dengan model pembelajaran yang baru siswa akan lebih aktif dan bersemangat dalam belajar. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...