Faletehan Health Journal
Vol 5 No 2 (2018): Faletehan Health Journal, Juli 2018

Case Study dalam Mengatasi Anemia pada Remaja Putri di Keluarga dengan Model HEMA Coach (Health Education, Modifikasi prilAku, dan Coaching)

Rahmawati, Teti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2018

Abstract

Remaja merupakan salah satu kelompok yang berisiko mengalami anemia yang disebabkan kurangnya zat besi di dalam tubuh dengan berbagai faktor pencetus. Intervensi yang dilakukan terdiri dari Health Education, Modifikasi prilAku, dan CoacHing yang diberi nama HEMA Coach Tujuan intervensi adalah terjadinya penurunan prevalensi anemia di keluarga. Desain penelitian adalah study kasus menggunakan pendekatan asuhan keperawatan keluarga terhadap 10 keluarga yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan keluarga dalam mengatasi masalah anemia pada remaja putri. Rekomendasi penelitian adalah kebijakan pemerintah dalam pemberian promosi kesehatan dan monitoring terhadap perubahan perilaku remaja putri yang dilakukan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FHJ

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

“Faletehan Health Journal” merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel yang relevan dengan isu-isu kesehatan masyarakat, keperawatan, kebidanan, kesehatan klinis dan sosial baik berupa artikel hasil penelitian, artikel review literature, atau artikel laporan lapangan (research report, ...