JRA: Jurnal Riset Akuntansi
Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Riset Akuntansi

STUDI TERHADAP FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN LABA BERSIH (Survei Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)

Puspitawati, Lilis (Unknown)
Istianti, Widya Razzak (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menguji secara empiris Laba Bersih yang dipengaruhi oleh Hutang dan Modal Kerja pada perusahaan sektor pertambangan Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016, berdasarkan masalah yang terjadi pada perusahaan sektor pertambangan yaitu adanya penurunan Laba Bersih perusahaan ketika kondisi Modal Kerja mengalami peningkatan. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini  adalah metode deskriptif verifikatif dengan unit analisis yang diteliti adalah laporan keuangan perusahaan sektor pertambangan Batu Bara yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016 sebanyak 24 perusahaan. Jumlah populasi pada penelitian ini sebesar 120 perusahaan, selanjutnya penarikan sample dilakukan melalui teknik Purposive Sampling, sehingga dapat ditentukan ukuran sampel sebesar  55 laporan keuangan dari 11 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan di bantu oleh program aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini membuktikan secara empiris jumlah Hutang perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih dan Modal Kerja berpengaruh sinifikan terhadap Laba Bersih pada perusahaan sector pertambangan batu bara yang terdaftar di bursa effek Indonesia pada tahun pengamatan 2012 sampai dengan 2016.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JRA diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom setiap 6 bulan sekali dengan tujuan menyebarluaskan informasi hasil riset akuntansi kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan lainnya meliputi bidang akuntansi dan ...