Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 2, No 2 (2013)

Respon Kalus Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) pada Kondisi Cekaman Salinitas (NaCl) secara In Vitro

Ubudiyah, Ida Wilujeng Abidah ( Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) )
Nurhidayati, Tutik ( Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) )



Article Info

Publish Date
20 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon kalus padi (varietas Ciherang, Sembada 168, dan Banyuasin) pada tahap induksi kalus terhadap masing-masing faktor seleksi. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial 2 faktor. Faktor pertama adalah 3 varietas terdiri dari Varietas Ciherang, Sembada 168, dan Banyuasin. Faktor kedua adalah 4 konsentrasi NaCl, yaitu 0 mM, 50 mM, 150 mM, dan 250 mM. Hasil Uji ANOVA menunjukkan bahwa Interaksi antara varietas dan konsentrasi NaCl memberikan pengaruh terhadap respon kalus beberapa varietas Padi (Oryza sativa L.) pada tahap induksi kalus, meliputi pertambahan diameter dan massa kalus. Kalus bertahan hidup hingga konsentrasi NaCl paling tinggi (250 mM) dengan skoring morfologi yang semakin kecil pada konsentrasi NaCl yang semakin tinggi

Copyrights © 2013