Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 2, No 2 (2013)

Eliminasi Sugarcane Mosaic Virus Melalui Kemoterapi Pada Tebu (Saccharum officinarum) Varietas NXI-2T Secara In Vitro

Andriani, Marina ( Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) )
Ermavitalini, Dini ( Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) )
Nurmalasari, Nurmalasari ( Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) )



Article Info

Publish Date
20 Sep 2013

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi ribavirin, yang mampu  mengeliminasi SCMV secara keseluruhan, melalui hasil uji serologi DAS-ELISA dan untuk mengetahui konsentrasi ribavirin yang tidak menimbulkan gejala phytotoxic pada tebu (S._officinarum) varietas NXI-2T, yang ditunjukan dengan data pengamatan tentang pertumbuhan tunas dan panjang tunas tertinggi. Eksplan berasal jaringan meristem apikal tebu (S. officinarum) varietas NXI 2T yang telah terbukti terinfeksi SCMV penyebab penyakit mozaik. Eksplan diinokulasikan pada media antiviral ribavirin dengan konsentrasi 0 ppm, 10 ppm, 20 ppm, 30 ppm dan 40 ppm selama 6 minggu. Kemudian, eksplan ditanam pada media pertumbuhan hingga menjadi planlet dan diamati tinggi tunas serta jumlah tunas eksplan selama 6 minggu. Berdasarkan pengamatan respon pertumbuhan eksplan dengan parameter tinggi tunas dan jumlah tunas, morfologi eksplan  serta hasil uji keberadaan SCMV pada eksplan tebu (S. officinarum) varietas NXI-2T setelah perlakuan, diperoleh hasil yaitu pada penanaman planlet tebu (S. officinarum) varietas NXI 2T media antiviral ribavirin 10 ppm hingga 40 ppm tidak menimbulkan penghambatan respon pertumbuhan eksplan dan gejala phytotoxic secara permanen serta, media antiviral ribavirin yang mampu mengeliminasi SCMV sebesar 100%  adalah dengan konsentrasi ribavirin 30 ppm dan 40 ppm pada media antiviral dengan lama perlakuan kemoterapi selama 6 minggu. Sehingga, konsentrasi ribavirin yang optimum untuk mengeliminasi SCMV pada tebu (S. officinarum) varietas NXI 2T adalah 30 ppm dan 40 ppm

Copyrights © 2013