Jurnal Teknik ITS
Vol 2, No 2 (2013)

Pengembangan Aplikasi Daftar Perencanaan Kegiatan Berbagi Pakai pada Sistem Operasi Android


Mahendra Putra, Kadek Anggrian ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ) , Yuhana, Umi Laili ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ) , Soelaiman, Rully ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya )



Article Info

Publish Date
20 Sep 2013

Abstract

Teknologi pada perangkat bergerak sudah banyak melahirkan berbagai aplikasi perangkat bergerak untuk memanajemen aktivitas manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi manajemen perencanaan kegiatan yang dapat mendistribusikan perencanaan kegiatan dengan banyak pengguna. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur perintah suara, penentuan prioritas berdasarkan nilai bobot dari kegiatan tersebut dengan menggunakan algoritma TF-ICF (Term Frequency – Inverse Corpus Frequency), serta pengurutan perencanaan kegiatan berbasis location-aware. Aplikasi ini dibangun dalam 2 bagian, yaitu sisi klien pada sistem operasi Android, dan sisi server sebagai pusat data dan kontrol. Media komunikasi yang digunakan adalah internet. Pada penggunaannya, aplikasi klien akan mengeluarkan suara pemberitahuan dan memunculkan notifikasi pada layar perangkat bergerak untuk memberitahu penggunanya ketika pengguna berpindah lokasi dan di lokasi tersebut terdapat beberapa data rencana kegiatan miliknya, dan juga ketika sebuah perencanaan telah mendekati deadline-nya. Pengguna juga dapat mengundang pengguna lainnya untuk menjadi peserta atau pengamat dalam kegiatannya. Suatu perencanaan kegiatan dapat ditandai sebagai telah selesai dikerjakan atau masih ditunda, memiliki anak kegiatan lainnya, serta dapat disisipkan dengan arsip yang berkaitan.


Copyrights © 2013






Download : Full PDF (687.726 KB)
Original Source : http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/3877
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...