Jurnal Teknik ITS
Vol 2, No 1 (2013)

Perancangan Simulator PAD (Packet Assembler Disassembler) AX.25 Pada Sistem Komunikasi Satelit IINUSAT-01 Untuk Attitude monitoring Berbasis FPGA (Field Programmable Gate Array)

Putra, Gilang Almaghribi Sarkara ( TEKNIK FISIKA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA )
Hendrantoro, Gamantyo ( TEKNIK ELEKTRO INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA )
Iskandarianto, Fitri Adi ( TEKNIK FISIKA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA )



Article Info

Publish Date
15 Mar 2013

Abstract

Sistem komunikasi satelit terjadi antara satelit yang berada di luar angkasa dengan stasiun bumi. Salah satu kebutuhan dari satelit adalah attitude monitoring yang berfungsi untuk memantau perilaku satelit. Data pemantauan perilaku satelit akan dikirimkan oleh PAD (Packet Assembler Disassembler) dalam bentuk paket data. Untuk komunikasi data dibutuhkan sebuah protokol yang mengatur tata cara komunikasi data. Protokol yang digunakan untuk komunikasi data adalah protokol AX.25. Protokol ini digunakan untuk mengirimkan informasi yang berupa teks dan data attitude monitoring. Dalam penelitian ini, protokol AX.25 ini akan diimplementasikan ke dalam perangkat lunak dan perangkat keras berbasis FPGA (Field Programmable Gate Array). Attitude monitoring PAD AX.25 yang diimplementasikan pada FPGA mampu mengirim paket data dalam waktu 0,449 detik pada baud rate 1200, dan semakin cepatnya pengiriman paket data sebanding dengan kenaikan baud rate. PAD AX.25 ini mampu mengirimkan paket data secara benar dengan eror 0% pada baud rate 1200 – 9600. Sedangkan eror koreksi sensor attitude monitoring yang digunakan sebesar ±0,072g.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...