Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen
Vol 5, No 2 (2018)

PERAN CRM PADA BISNIS KOS KOSAN DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS GALUH

Setiawan, Iwan (Unknown)
Faruk, Mujaddid (Unknown)
Basari, M. Aziz (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

ABSTRAK Tujuan Studi yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui peranan manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan loyalitas konsumen pada usaha kos kosan di lingkungan Universitas Galuh. Metode riset yang digunakan adalah metode survey dengan jenis pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan mahasiswa terhadap tempat kos di lingungan Universitas GAluh masih rendah. Pelaksanaan CRM pada usaha kos-kosan di lingkungan Universitas Galuh yang meliputi penerapatan manajemen penargetan dilakukan melalui perolehan informan dari luar, pengelolaan informasi dilakukan sebagian besar menggunakan call center /nomor pibadi. Kustomisasi produk/layanan kebanyakan masih pada kondisi sejenis. Manajemen ekspansi yang dilakukan masih mengandalkan aktivitas penjualan sendiri. Manajemen referensi masih belum bisa membangun system yang memadai dan pelaksanaan manajemen penghentian dilakukan secara pasif. Dengan demikian Strategi CRM yang digunakan dengan menggunakan enam indikator pengukuran memiliki peranan dalam menjaga loyalitas konsumen namun belum bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap loyalitas konsumen karena ada faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Salah satu faktor yang tidak diteliti adalah faktor “budaya lingkungan setempat. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya berfokus pada kondisi unit analysis kos-kosan di lingkungan Universitas Galuh dan hasilnya belum bisa digeneralisasikan kepada unit analisis lain. Untuk itu saran bagi para peneliti lain agar bisa melakukan penelitian di tempat lain yang dapat memperkaya keilmuan CRM khususnya

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ekonologi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen (JEIM) is a Scientific publication in the field of management science accommodating for writers and students sharing scientific experience both theoretically and practically. Journal of Econology was published by Management Studies Program of Economics Faculty of ...