ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 2, No 1 (2018): April

PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI SERBA USAHA ABDI JAYA SENTOSA DI PONOROGO

Anggraini, Nindya Sharita (Unknown)
adji, Setyo (Unknown)
farida, umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Problem yang sering dihadapi perusahaan-perusahaan adalah bagaimana perusahaan tersebut mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mencapai hal tersebut adalah salah satunya dengan menciptakan serta membangun loyalitas pelanggan. Koperasi serba usaha (KSU) “Abdi Jaya Sentosa” adalah salah satu perusahaan yang berupaya menarik dan mempertahankan anggotanya untuk bersikap loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kepercayaan (trust), komitmen (commitment) dan komunikasi (communication) terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Serba Usaha "Abdi Jaya Sentosa" di Ponorogo secara parsial dan simultan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara metode kuesioner sebanyak 91 responden anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" yang diperoleh dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dan purposive sampling. Data yang telah terkumpul lalu dianalisis dengan analisis regresi berganda.Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Terbukti kepercayaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas anggota. Kepercayaan meningkatkan loyalitas anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" sebesar 31.1%, 2) Komitmen terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas anggota.  Komitmen meningkatkan loyalitas anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" sebesar 25.2%, 3) Komunikasi terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas anggota. Komunikasi meningkatkan loyalitas anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" sebesar 23.8%, 4) Terbukti ke tiga secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas anggota. Variabel kepercayaan, komitmen dan komunikasi meningkatkan loyalitas anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" sebesar 88.9%. Saran yang dapat diberikan sebaiknya pengelola KSU "Abdi Jaya Sentosa" tetap dan berusaha lebih keras untuk menjalin komitmen, menjaga kepercayaan dan berkomunikasi yang baik dengan meningkatkan pelayanan yang berkualitas, selalu menyajikan informasi yang tepat dan akurat dan selalu menjalin komitmen demi terciptanya kerja sama yang dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Copyrights © 2018